AgencySosial Media

Mengenal Tentang Influencer

Mengenal Influencer

Kali ini kita bakalan membahas tentang apa itu Influencer? Jadi, Influencer atau pembuat konten dengan pengikut banyak di media sosial, dan memiliki kemampuan atau wawasan untuk mengembangkan pengikut dengan berbagai konten yang berkualitas dan menginspirasi, menghibur, menginformasikan, dan dapat memberikan pengaruh ke masyarakat atau pengikutnya. Nah, apa aja sih yang dilakukan influencer di era digital yang semakin berkembang ini?

Di era digital yang sudah berkembang ini, banyak orang yang ingin menjadi influencer dan banyak juga perusahaan yang menjalin kerja sama dengan mereka, dengan melibatkan perjanjian jangka pendek untuk promosi berbayar. Influencer dapat mempengaruhi opini dan dapat mengubah perilaku orang secara online.

Seorang influencer yang telah mempromosikan produk atau jasa biasanya mendapatkan imbalan berupa produk gratis, menaikan engagement para influencer, dan kompensasi uang. Maka dari itu, pekerjaan influencer sangat digandrungi generasi milenial saat ini. 

Sebenernya apa arti influencer itu sendiri? Yuk kita bahas lebih lanjut !

Apa itu influencer ?

Influencer adalah orang yang memiliki banyak pengikut atau followers di media sosial, dan memiliki kemampuan dan wawasan di bidang tertentu dan dapat mempengaruhi masyarakat luas atau pengikutnya. Biasanya, influencer berprofesi sebagai selebgram, youtuber, blogger, atau streamer yang aktif di media digital tertentu yang sesuai dengan niche nya.

Dalam dunia bisnis, influencer memiliki peran penting daalam pemasaran dan promosi produk. Para influencer bisa membantu meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan produk, dan dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk tersebut. Walaupun pekerjaan seorang influencer bukan dengan jobdesc yang jelas, namun seorang influencer memiliki tugas yang harus dilakukan.

Yuk kita simak tugas apa saja sih yang influencer lakukan itu?

Apasih Tugas Influencer itu?

Setelah membahas pengertian influencer, mari kita bahas apa tugas dari influencer dalam menjalankan pekerjaannya. Tugas seorang influencer dapat bervariasi tergantung pada platform yang mereka gunakan dan jenis konten yang mereka hasilkan. Namun secara umum, tugas-tugas influencer meliputi :

  1. Membuat konten media sosial yang berkualitas, menarik, dan relevan bagi audiens.
  2. Mengikuti trend yang sedang ramai dan dapat disangkut pautkan dengan brand yang sedang dijalankan.
  3. Bekerja sama dengan  brand untuk mempromosikan produk atau jasa melalui review, endorsement, dan kolaborasi. 
  4. Membuat relasi densgan influencer lain untuk memperluas jaringan dan dapat memperkenalkan diri kepasa industri yang lebih luas.
  5. Menganalisis performa konten media sosial untuk memahami startegi yang sudah berhasil dibuat maupun yang belum agar dapat meningkatkan performa di bulan berikutnya.
  6. Mengembangkan dan mempertahankan personal branding yang konsisten.

Secara keseluruhan, tugas influencer adalah membuat konten yang menarik di media sosial agar dapat membangun dan mempertahankan audiens, serta dapat bekerja sama dengan berbagai merek (produk/jasa).

Jenis – Jenis Influencer

Influencer adalah individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial atau dalam industri tertentu dan dapat mempengaruhi perilaku dan pendapat pengikut mereka. Walaupun pada dasarnya memiliki tugas dan pekerjaan yang sama, ada beberapa jenis influencer berdasarkan fokusnya, kriteria tertentu, dan berdasarkan jumlah pengikutnya. Berikut adalah jenis – jenis influencer

1. Mikro-influencer

Influencer dengan jumlah pengikut yang tergolong kecil dengan pengikut sekitar 1.000 hingga 100.000, tetapi memiliki audiens terlibat sesuai dengan niche tertentu.

2. Makro-influencer

Influencer dengan jumlah pengikut besar dengan pengikut sekitar 100.000 hingga jutaan pengikut. Influencer dengan jumlah pengikut besar biasanya memiliki pengaruh yang luas di beberapa bidang dan topik tertentu.

3. Brand Ambassador

Influencer yang bekerja sama dengan brand tertentu untuk mempromosikan produk atau layanan secara konsisten dalam jangka waktu yang lebih lama. Mereka biasanya memiliki hubungan yang erat dengan merek dan membangun kesetian merek diantara pengikut mereka.

4. Content Creator

Content Creator adalah seseorang yang menghasilkan konten yang kreatif dan menarik di berbagai platform seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan platform lainnya. Mereka sering kali memiliki pengikut yang besar dan dapat mempengaruhi opini dan perilaku pengikut mereka melalui konten yang mereka buat.

5. Aktivis

Aktivis adalah individu yang menggunakan platform sosial media mereka untuk mempromosikan penyadaran sosial dan isu-isu tertentu terkait dengan lingkungan, kesehatan mental, dan budaya. Mereka dapat mempengaruhi perilaku pengikut mereka dalam hal dukungan atau tindakan terkait isu-isu tertentu.

Setelah tahu apa itu pemberi pengaruh sebenarnya secara keseluruhan sebenarnya secara keseluruhan pemberi pengaruh adalah salah satu profesi yang memiliki pengaruh yang signifikan di sosial media atau dunia digital. Mereka dapat mempengaruhi perilaku, pendapat, dan keputusan pembelian pengikut mereka melalui konten yang mereka bagikan. 

Untuk menjadi influencer, kalian bisa memulai untuk memperkuat kehadiran online kalian, serta membuat konten berkualitas yang menarik perhatian banyak orang. Peran seorang influencer sendiri sangatlah penting dalam pemasaran digital yang semakin luas saat ini, karena mereka dapat membantu suatu brand dalam mencapai dan terhubung dengan target audiens mereka dengan cara yang efektif. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dari Beranda Studio.

Penulis: Anggie Noviana Safitri

Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top