Sosial MediaTrik

Cara Membuat Video TikTok Viral

Ternyata, cara membuat video TikTok viral itu ngga terlalu susah, lho. Asal kamu paham tentang strategi membuat konten dan bagaimana algoritma TikTok bekerja, bikin konten viral bukanlah hal yang sulit.

Selain itu, TikTok juga merupakan sosial media yang sedang banyak banget digandrungi oleh orang Indonesia. Dengan sistem algoritma yang sangat personal dan spesifik, kamu bisa banget menjadi viral tanpa perlu punya banyak followers. Penasaran apa aja cara agar video TikTok FYP dan viral? Tanpa lama-lama langsung aja yuk ikuti cara-cara ini. Selamat mencoba dan selamat berkarya yah!

Meniru Konten yang Sudah Viral

Cara membuat video TikTok viral termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan meniru konten yang sudah viral. Eits tapi meniru disini bukan berarti kita menjiplak mentah-mentah ya teman-teman. Kalian bisa menggunakan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk create ulang konten yang berhasil dan viral.

Di TikTok sendiri banyak sekali kok kreator yang mendaur ulang konten orang lain. Dengan catatan, mereka tetap memberi kredit pada kreator asli atau memodifikasi konten sesuai dengan akun mereka. Cara ini sepertinya cocok buat kamu yang baru aja nih memulai membuat konten di TikTok.

Konten relate adalah kunci

Salah satu kartu as dalam dunia strategi konten adalah membuat sesuatu yang diresahkan atau dirasakan banyak orang. Karena jenis konten inilah yang memang terbukti mendongkrak engagement dari postingan kalian. Sebab, saat melihat konten yang sesuai dengan keresahan yang dirasakan, audiens akan terpancing untuk komen, like atau menyimpan video tersebut.

Nah, strategi ini bisa masuk nih dalam list cara membuat video TikTok Viral selanjutnya. Kamu bisa membuat konten untuk orang jomblo, orang yang jenuh bekerja, atau masalah-masalah lain yang sifatnya universal. Tentunya kamu harus tau dulu siapa target audiens mu sebelum bisa memahami apa keresahan mereka.

Gunakan Sound yang Trending

Cara membuat video TikTok viral selanjutnya adalah dengan memilih sound atau lagu yang tepat. Kamu harus ingat bahwa algoritma TikTok ini berbeda dari sosial media lain. Di TikTok sendiri lagu memang menjadi salah satu faktor penentu dari berhasilnya suatu konten.

Saat ada satu lagu yang sedang viral dan kamu menyukai salah satu konten yang menggunakan lagu itu maka konten-konten lain dengan lagu yang sama akan sering muncul di beranda kamu. Nah, ini tentu bisa jadi trik kamu selanjutnya saat akan mengunggah konten. Usahakan untuk selalu melakukan riset kecil terhadap lagu yang sedang trending, yah.

Pakai Filter yang Sedang Viral

Sama dengan memilih sound viral sebagai senjata, kamu juga bisa nih memanfaatkan filter-filter yang sedang banyak digunakan untuk mendongkrak reach kontenmu. Sebab algoritma tiktok sendiri memang akan menyebarkan filter, lagu, atau bahkan hastag yang memang sedang diminati oleh audiens.

Stitch Konten yang Sedang Trending

Dalam kultur sosial media TikTok, ada jenis konten bernama ‘Stitch’. Ini adalah jenis konten dimana kreator lain ‘menyambung’ konten mereka dengan video yang sedang viral. Kalau diibaratkan, mirip fitur retweet dengan komentar yang ada di Twitter.

Bisa banget nih kamu melakukan ‘stitch’ pada konten yang sedang viral. Entah kamu akan memberikan tanggapan, mengkritik, atau hanya menggunakannya sebagai clickbait pun juga bisa. Ini adalah salah satu cara membuat video di TikTok viral tanpa perlu terlalu banyak effort memikirkan ide mentah dari awal.

Penutup

Sekian pembahasan kita kali ini tentang cara membuat video TikTok viral. Yang paling penting dari semua trik di atas adalah konsistensi. Jadi jangan cepat menyerah ya kalau video tiktok kamu belum FYP. Tetap semangat dan terus berkarya. Sampai jumpa di artikel selanjutanya, ya!

Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top