5 Trik Bikin Design Social Media Viral & Banyak Like

Desain Sosial Media

Pengen bikin design social media kamu viral dan dapat banyak engagement? Tenang aja. Viral itu bukan masalah hoki saja kok. Dengan strategi dan trik yang tepat, kamu bisa juga lho bikin desain sosmed disukai banyak orang.

Pada topik social media design tips kali ini dibahas apa saja yang bisa membuat konten kalian viral. Tenang aja, strategi ini bisa dilakukan bahkan oleh orang yang belum pernah bikin konten kok. Penasaran seperti apa trik dan strateginya? Langsung aja yuk ikuti dan baca sampai habis pembahasan kita kali ini.

Trik Bikin Design Social Media Viral

Siapa nih yang suka mikir kalo konten-konten viral di media sosial itu cuma masalah hoki? Padahal kalau dilihat lebih dalam, kamu bakal bisa lho menemukan kesamaan dari beberapa konten kreator yang punya audiens besar.

Yaps. Jawabannya adalah strategi dan marketing konten visual yang tepat. Tanpa nunggu lama-lama, kita langsung aja yuk bocorin apa strateginya. Let’s go!

Isi adalah Kunci

Sebelum benar-benar masuk dan bicara tentang visual, kamu harus sadar bahwa content is king. Tanpa isi konten yang bagus, mau sebagus apa desain yang kamu buat tetap ngga akan membantu. So, sebelum mikirin visual, pikirin juga nih konten apa yang mau kamu bikin.

Konten yang bagus tentunya adalah konten yang bermanfaat untuk audiens. Bermanfaat disini bisa dilihat dari berbagai sisi ya. Mulai dari bermanfaat untuk kebahagiaan, membantu menyelesaikan masalah, sampai berguna untuk menambah wawasan mereka. Karena sekali lagi, tujuan followers bermain sosial media adalah untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Pilih Style Sesuai Branding

Nah, kalau udah tahu konten apa yang mau dibuat, saatnya pilih style yang sesuai branding akunmu. Ini bertujuan supaya kedepannya audiens kamu jadi terbiasa dan bisa mengenali desainmu dalam sekali lihat. Style seragam juga akan membuat semua desain kalian terlihat lebih rapi dan tertata.

Beberapa style design social media yang bisa kamu pilih diantaranya desain retro, skeuomorphism, y2k, 3D atau digital imaging. Tentunya pemilihan style ini juga harus mempertimbangkan branding akun kalian. Jangan lupa juga untuk tetap beri variasi supaya tidak monoton yah.

The Power of Cover

Supaya viral di media sosial, kalian harus bisa menarik perhatian audiens dengan sangat cepat. Kamu harus bisa bikin orang stop scrolling dan ngepoin konten kamu diantara ratusan konten lainnya. Nah, disinilah peran desain terutama cover yang punya ‘wow’ efek sangat dibutuhkan.

Untuk itu, jangan lupa ya beri perhatian tambahan saat mendesain cover design social media kalian. Ngga harus pakai software yang mahal kok untuk bikin desain yang keren. Kamu bisa pakai aplikasi gratisan seperti Canva. Malahan kamu bisa gunain template, aset ilustrasi hingga elemen 3D gratis yang disediakan aplikasi satu ini.

Perhatikan Font dan Warna

Social media design tips selanjutnya yang sepertinya kurang diperhatikan adalah keterbacaan konten. Banyak banget desain microblog di Instagram yang memakai font atau warna yang bikin konten sama sekali ngga terbaca. Semoga bukan kamu kreatornya ya.

Nah, buat pemilihan font, sangat disarankan banget untuk menggunakan font berjenis sans serif. Karena tipe font ini memang cocok untuk digunakan pada text di layar ponsel atau komputer. Usahakan jangan menggunakan lebih dari 2 jenis font dalam desain kalian ya. Selain bikin kelihatan ngga profesional, terlalu banyak font juga bikin audiens susah mencerna tulisan.

Ini juga berlaku dengan pemilihan warna. Kalau bisa hindari banget perpaduan warna-warna yang tidak kontras dan bikin sakit mata. Untuk memperdalam kombinasi warna sendiri, kamu bisa nih belajar tentang teori color wheel. Dijamin deh,design social media kamu bakal kelihatan lebih profesional kalau udah paham.

Jaga Kualitas Desain

Siapa sih yang suka melihat desain atau foto burik? Ngga ada pastinya. Maka dari itu, kamu harus perhatiin banget nih kualitas dari design social media kamu. Mulai dari memperhatikan format file waktu export desain sampai resolusi dari aset-aset yang dipakai. Udah tahun 2022 jangan sampai deh desain konten kamu gambarnya masih pecah-pecah.

Sedikit panduan buat kalian, umumnya desain sosial media memiliki resolusi 300 ppi (pixels per inch) supaya ngga burik. Kamu juga bisa menggunakan aset-aset gambar HD gratis dari website seperti pexels atau unsplash. Selamat mencoba yah!

Penutup

Itu tadi adalah beberapa trik yang bisa bikin design social media kamu viral dan banjir banyak likes. Perlu dicatat bahwa konten dan desain adalah dua hal yang saling melengkapi. Tanpa konten yang bermanfaat, desain yang bagus tidak akan ada gunanya. Begitu juga jika desain kamu membosankan dan tidak menarik mata. Konten sebagus apa pun pasti juga ngga akan kemana-mana.

So, tetap perhatikan dua aspek ini saat mengelola konten sosial media kalian yah. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top