Sosial Media

8 Cara FYP di TikTok dengan mudah

Cara FYP di TikTok

Mau jadi content creator TikTok dan pengen tahu cara FYP? Selamat, kamu datang ke artikel yang tepat. Karena kali ini kita akan membahas strategi yang bisa kamu lakukan supaya kontenmu viral di TikTok.

Pada artikel kali ini kita akan membongkar cara fyp di TikTok dan banyak like. Karena masih banyak banget nih yang belum tahu strategi apa yang harus dilakukan supaya konten kalian bisa masuk For You Page. 

Penasaran apa aja strateginya? Langsung aja yuk kita simak artikelnya. Baca sampai selesai, ya!

Cara FYP di TikTok dengan Mudah

Buat konten yang menarik atau relate

Sebelum ngomongin strategi dan cara fyp di tiktok dan banyak like, kamu harus tahu nih bahwa konten yang menarik lah yang akan membuat kita viral. Secara singkat, konten yang menarik adalah konten yang bisa menyentuh emosi dan memiliki value bagi audiens. Diantaranya adalah konten menghibur, konten edukatif, konten solutif, ataupun konten yang inspiratif. 

Untuk itu, sebelum membuat konten, kalian wajib banget tahu tentang usia, jenis kelamin, masalah hingga minat dari audiens mu. Dengan mengetahui ini, kamu bisa deh membuat konten yang relate dan menghibur untuk mereka. Kamu juga bisa membuat konten yang menyelesaikan masalah audiens. Ini akan membuat mereka mau follow dan menantikan konten-kontenmu yang lain.

Upload di jam prime time

Kalau kamu masih suka upload konten dengan waktu yang asal-asalan lebih baik stop dulu deh. Karena mungkin ini yang bikin konten mu ngga viral viral. Saat mengunggah konten di sosial media, prinsip utamanya adalah upload saat jam prime time dari akunmu. Nah, ini artinya kamu harus tahu nih jam jam berapa saja yang jadi waktu aktif dari audiens-mu.

Pancing interaksi

Cara FYP di TikTok ngga perlu kok pake peralatan yang mahal. Bahkan kamu ngga harus bikin video aesthetic lho. Video simpel berisi tulisan singkat aja juga bisa bikin kamu viral. Kuncinya, isi video mu itu harus memancing interaksi. 

Untuk memancing interaksi audiens kamu bisa melakukan beberapa hal. Mulai dari ajukan pertanyaan kontroversial, share pendapat yang memicu perdebatan, atau unggah video yang relate dan suruh mereka memberi komentar. 

Dengan banyaknya orang yang berkomentar dan berinteraksi, maka algoritma TikTok akan menganggap konten kamu layak untuk dilihat banyak orang. Jika sudah begini, pasti deh video kamu akan masuk For You Page bahkan jadi viral.

Duet dengan kreator lain

Ada ga sih cara fyp di TikTok tanpa hastag? tentunya ada dong. Karena di TikTok sendiri kamu bisa viral karena berbagai hal, salah satunya adalah dengan menumpang konten yang sedang viral. 

Kalau mau mencoba cara ini, langsung saja pilih video yang sedang FYP. Setelahnya kamu bisa stitch dan menambahkan komentar atau sudut pandang kamu terkait konten yang sedang dibahas. Ngga harus nyambung kok. Kadang ada juga konten stitch lucu-lucuan yang memang sengaja dibuat tidak nyambung dengan isi videonya.

Pilih sound populer

Perlu kamu ketahui, algoritma TikTok memang berbeda dari sosial media lain. Salah satu Cara FYP di TikTok adalah dengan menunggangi algoritma nya yang memang dipengaruhi oleh sound. Formula yang tepat adalah membuat konten yang memancing komentar lalu dibumbui dengan sound yang sedang populer. Selamat mencoba, ya!

Pakai Filter yang Sedang Trend

Selain menggunakan sound yang sedang populer, kamu juga bisa memaksimalkan reach melalui filter yang sedang trend. Biasanya TikTok memang akan lebih cenderung menyebarkan konten yang menggunakan filter populer atau filter buatan mereka sendiri.

Perhatikan Hashtag dan Caption

Masih sering menyepelekan hastag dan caption? Wah sayang banget. Padahal pemilihan hashtag dan pengolahan kata-kata pada caption bisa sangat berpengaruh buat video kamu lho. Usahakan untuk melakukan riset kecil-kecilan saat memilih hashtag dan buat caption mu semenarik mungkin ya!

Perhatikan durasi video

Satu hal yang sering dilupakan oleh kreator TikTok adalah durasi video. Sebagai pemula, sebaiknya jangan mengunggah durasi video yang terlalu lama. Video pendek lebih memiliki potensi untuk viral karena video durasi pendek bisa memiliki persentase rewatch time yang lebih tinggi.

Itu tadi adalah beberapa Strategi & Cara FYP di TikTok yang bisa kalian coba. Membuat video yang viral di TikTok memang bukan sesuatu yang mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Intinya, kalian harus membuat konten yang memang menarik dan disukai oleh audiens kalian. 

Selamat mencoba dan tetap semangat berkarya ya! Sampai ketemu di artikel selanjutnya

Back To Top