PromosiSosial Media

Cara Jualan di TikTok Shop Agar Laris

TikTok Shop

TikTok Shop adalah fitur marketplace TikTok yang bisa digunakan untuk mempermudah para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya di TikTok. Di TikTok Shop, produk bisa langsung dibeli / checkout langsung di dalam aplikasi. Keuntungannya adalah pemilik bisnis dan pengguna tidak perlu keluar aplikasi terlebih dahulu untuk melakukan transaksi jual beli. Transaksi juga relatif lebih aman daripada dilakukan di luar aplikasi.

Pada artikel kali ini kita akan membahas langkah dan cara mengaktifkan TikTok Shop untuk akun bisnis kalian. Ternyata caranya ngga susah lho.

Bisa dibilang, TikTok Shop adalah salah satu channel berjualan yang sangat bermanfaat untuk para pebisnis. Bagaimana tidak, kabarnya ada kurang lebih 1 Milyar pengguna aktif dari aplikasi ini. Tentu saja ini membuka kemungkinan bisnis kita akan menjangkau orang yang sangat banyak lewat video TikTok atau Live Streaming. 

Cara Mendaftar di TikTok Shop

Tanpa berlama-lama, langsung saja yuk kita bocorin gimana Cara Jualan di TikTok Shop mulai dari cara mendaftar hingga strategi untuk memaksimalkan penjualan kalian. Baca sampai selesai, ya!

  1. Pertama, kunjungi laman TikTok Shop disini
  2. Selanjutnya, klik tombol ‘daftar sekarang juga’ dan kalian akan diarahkan pada halaman pendaftaran
  3. Langkah selanjutnya adalah mengisi data diri dan klik ‘Submit’ kalau kamu belum punya akun TikTok. Jika sudah memiliki akun, langsung saja klik ‘Sign Up with TikTok Account’.
  4. Setelah berhasil membuat akun atau sinkronisasi akun, kamu akan diminta untuk mengisi formulir online terkait informasi kontan bisnismu. Beberapa informasi yang harus dilengkapi antara lain adalah nomor telepon dan alamat email. Jika sudah klik tombol ‘Next’.
  5. Selanjutnya, sebelum kamu mengunggah produk yang akan dijual, lakukanlah verifikasi TikTok Shop terlebih dahulu. Caranya dengan klik tab ‘Verify Documents’. Disini kamu akan diminta mengisi jenis bisnis (korporasi/perorangan), nama toko, dan mengunggah KTP atau passport sebagai kartu identitas diri. 
  6. Jika sudah, maka pihak TikTok akan melakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap akunmu. 
  7. Setelah mendapatkan verifikasi, kamu bisa menyambungkan rekening bank dengan akunmu pada tab ‘Link Bank Account’. Ikuti proses yang ada ya untuk menyambungkan rekeningmu. 
  8. Untuk mulai memasarkan produkmu, kamu wajib unggah dulu barangnya di tab ‘Add Product First’.

Agar Jualan Laris di TikTok Shop

Setelah membahas Cara Jualan di TikTok Shop, selanjutnya kita akan membahas bagaimana strategi yang harus kalian lakukan untuk memaksimalkannya. 

Jika TikTok Shop-mu sudah aktif dan siap berjualan, langkah selanjutnya adalah memikirkan strategi promosi yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan penjualan TikTok Shop-mu.

Buat konten yang menghibur.

Di era sekarang, kamu sudah tidak bisa lagi mengiklankan produk secara gamblang. Kamu harus membungkus produk jualanmu dengan konten yang bisa membuat audiens merasa terhibur atau bermanfaat. 

Ikuti Trend.

Perhatikan juga mengenai lagu, hastag, filter ataupun jenis konten yang sedang populer di TikTok. Karena algoritma TikTok biasanya lebih mengutamakan hal-hal yang memang sedang diminati audiens. Ini adalah kesempatanmu untuk memanfaatkannya sebagai strategi promosi gratis. 

The Power of Influencer

Kamu ngga harus menggunakan kekuatanmu sendiri kok untuk mempromosikan produk. Ada banyak sekali pebisnis yang juga menggunakan jasa influencer untuk mengiklankan produk mereka. Tapi kamu juga harus tetap memperhatikan engagement  dan kualitas konten sebelum memilih influencer, ya. 

Perhatikan Katalog Produkmu

Last but not least, jangan lupa juga untuk memperhatikan katalog dari produk kamu. Usahakan untuk selalu menggunakan foto yang menarik dan deskripsi yang jelas.

Penutup

Nah, itu tadi adalah pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara jualan di TikTok Shop. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang masih belum tahu Cara mengaktifkan TikTok Shop. Selamat mencoba dan sampai ketemu di artikel selanjutnya ya!

Comments

There are no comments yet.

Leave a comment

Back To Top